setting cctv online | Setting Modem


setting cctv bandung online | Setting Modem

Sepertinya kalau kita punya cctv di rumah, di kantor, atau di gudang tidak online bisa di bilang ” Ketinggalan Zaman “. Untuk yang berlangganan speedy ini solusinya. Disini akan dijelaskan bagaimana caranya DVR Cctv kita bisa online di Internet. Caranya cukup sederhana sekali.
  • Langakh pertama kita harus menghubungkan semua perangkat ( DVR, Modem, Komputer, switch hub jika diperlukan ) ke jaringan lokal kita. Kemudian, pastikan komputer kita sudah terkoneksi dengan Internet. Cek dan pastikan IP Komputer, IP DVR, IP Modem, berada dalam satu jaringan dan Netmask yang sama. Misalkan IP Lan Modem : 192.168.1.x dengan Netmask : 255.255.255.0 maka pastikan IP DVR 192.168.1.x dan Netmasknya juga 255.255.255.0. Demikian juga IP Komputer kita. Untuk mengetahui berapa ip automatic komputer kita klik disini, dan untuk setting secara manual klik disini.Selanjutnya buka program browser Internet Explorrer kita untuk melakukan penyetingan Modem ADSL kita. Ketikan IP Address Lan Modem ADSL pada Address bar. Misalkan “http://192.168.1.1 ( jika IP address modemnya 192.168.1.1 ) dan kemudian akan terlihat seperti ini:
  • Isikan Username dan password modemnya. Username dan password defaultnya biasanya ” admin ” dan ” admin “. Kemudian klik ” login ” atau tekan ” Enter “
  • Setelah tampil halaman status dari modem dan bebera tampilan menu modem, berikutnya klik ” Advance Setup ” dan kemudian pilih ” NAT “. Setelah itu pilih ” Virtual Circuit ” yang aktif dilanjutkan klik ” Virtual Server “. Lebih jelas perhatikan berikut :
  • Langkah selanjutnya kita harus buat rule untuk port forwardnya. Misalkan port yang akan di forward adalah port 88 ( sesuai port DVR ), maka isi kan pada start port number dan end port number dengan ” 88 ” dan ” 88 “. Detailnya lihat screenshot di bawah ini :
  • Sampai disini dulu seting modem untuk forward port selesai ( ip publik modem statik ). Untuk yang ip publiknya dinamik, kita masih harus menyeting DDNS nya.